Bismillah...
Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam permainan sepak bola
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar Indikator
3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan sepak bola antara lain.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Bila Anda adalah seorang guru yang mengajar matapelajaran PJOK SMP Kelas 9 dan sedang dalam proses pencarian RPP sebagai sebuah pedoman dalam proses pelaksanaan pembelajaran di kelas, maka proses pencarian anda bisa diakhiri di blog ini. Karena, kali ini saya akan berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PJOK SMP Kelas 9 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013.
Berikut ini adalah contoh RPP PJOK SMP Kelas 9 Semester 1 yang membahas materi tentang Sepak Bola, sebagai gambaran dari isi RPP yang akan anda download.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP...
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX / Ganjil
Materi Pokok : Variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam permainan sepak bola
Alokasi Waktu : 4 Minggu x 3 Jam Pelajaran @40 Menit
A. Kompetensi Inti
- KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
Kompetensi Dasar Indikator
3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional
- Memahami variasi dan kombinasi menendan/ mengumpan dan menghentikan bola
- Memahami variasi dan kombinasi menggiring, menendan/ mengumpan dan menghentikan
- Memahami variasi dan kombinasi menggiring, menghentikan, dan menendang bola ke gawang/ sasaran
- Memahami variasi dan kombinasi melempar bola ke dalam dan menyundul bola
- Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepakbola (menendang/mengumpan dan menghentikan; menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring, menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam dan menyundul bola)
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Memahami variasi dan kombinasi menendan/ mengumpan dan menghentikan bola
- Memahami variasi dan kombinasi menggiring, menendan/ mengumpan dan menghentikan
- Memahami variasi dan kombinasi menggiring, menghentikan, dan menendang bola ke gawang/ sasaran
- Memahami variasi dan kombinasi melempar bola ke dalam dan menyundul bola
- Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepakbola (menendang/mengumpan dan menghentikan; menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring, menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam dan menyundul bola)
- Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan menghentikan bola
- Variasi dan kombinasi menggiring, menendan/ mengumpan dan menghentikan
- Variasi dan kombinasi menggiring, menghentikan, dan menendang bola ke gawang/ sasaran
- Variasi dan kombinasi melempar bola ke dalam dan menyundul bola
Metode yang digunakan dalam pembelajaran pemainan sepak bola antara lain.
- Cakupan (Inclusive).
- Demonstrasi.
- Bagian dan keseluruhan (Part and Whole).
- Timbal-balik (Resiprokal).
- Jigshaw.
- Periksa sendiri (selfcheck).
- Penugasan.
- Project Based Learning.
- Problem-Based Learning.
- Pendekatan Scientific.
Untuk mengunduh RPP PJOK SMP Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 secara lebih lengkapnya, silahkan bisa di klik link download yang sudah saya siapkan di bawah ini:
Semester 1- Download RPP 1 (Sepak Bola) [ DI SINI ]
- Download RPP 2 (Bola Voli) [ DI SINI ]
- Download RPP 3 (Bola Basket) [ DI SINI ]
- Download RPP 4 (Bola Kasti) [ DI SINI ]
- Download RPP 5 (Bulu Tangkis) [ DI SINI ]
- Download RPP 6 (Tenis Meja) [ DI SINI ]
- Download RPP 7 (Aktivitas Atletik Melalui Jalan Cepat) [ DI SINI ]
- Download RPP 8 (Aktivitas Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek) [ DI SINI ]
- Download RPP 9 (Pembelajaran Atletik Melalui Lompat Jauh) [ DI SINI ]
- Download RPP 10 (Aktivitas Pembelajaran Atletik Melalui Tolak Peluru) [ DI SINI ]
- Download RPP 11 (Aktivitas Pembelajaran Beladiri Melalui Pencak Silat) [ DI SINI ]
- Download RPP 12 (Aktivitas Pembelajaran Kebugaran Jasmani) [ DI SINI ]
Semester 2
________________
Baca juga :
- Download Buku Guru SMP/MTs Kelas 7, 8, dan 9
- Download Silabus SMP Kelas 7, 8, 9
- Download RPP PJOK SMP Kelas 7 Semester 2 K13
- Download RPP PJOK SMP Kelas 8 Semester 2 K13
- Download RPP Matematika SMP Kelas 7 Semester 1 dan 2 K13
- Download RPP Matematika SMP Kelas 8 Semester 1 dan 2 K13
- Download RPP Matematika SMP Kelas 9 Semester 1 dan 2 K13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.