Kumpulan Soal Soal

Berbagi soal-soal pelajaran, seputar dunia pendidikan

Senin, 25 Juni 2018

Download Silabus SMP Kelas 7, 8, dan 9 Terbaru

Bismillah...

Tahun ajaran baru hampir tiba. Bagi para guru, minggu-minggu menjelang masuk tahun ajaran baru, tentunya akan disibukkan dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan persiapan belajar mengajar (guru ideal). Baik persiapan fisik, mental, materi ajar, dan tentunya perangkat pembelajaran yang selalu menjadi Pekerjaan Rumah yang tak pernah selesai di rumah (hehehe...). 

[Baca juga] : Kumpulan Soal PAS/UAS Kelas 7 Kurikulum 2013

Adapun kurikulum yang digunakan, ada sebagian sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP dan ada sekolah yang sudah menggunakan kurikulum 2013. Bagi sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP maka wajib beralih ke kurikulum 2013 sampai batas akhir yang telah ditentukan oleh pemerintah yang dalam hal ini kemendikbud yaitu sampai tahun pelajaran 2019/2020.
Sebagai Informasi saja, bahwa di negara kita tercinta Indonesia, sudah sering berganti kurikulum. Sepanjang sejarah dunia pendidikan di Indonesia ada beberapa nama kurikulum, antara lain:

  1. Rencana Pelajaran 1974 --- Kurikulum ini merupakan kurikulum pertama yang lahir pada masa kemerdekaan dan menggunakan istilah leer plan.
  2. Rencana Pelajaran Terurai 1952 --- Kurikulum ini lebih terinci setiap mata pelajaran yang disebut Rencana Pelajaran Terurai 1952.
  3. Kurikulum 1968 --- Kurikulum 1968 sedikit bersifat politis, yaitu untuk mengganti Rencana Pendidikan 1964 yang dicitrakan sebagai produk Orde Lama.
  4. Kurikulum 1975 --- Kurikulum 1975 menekankan pada tujuan, agar pendidikan lebih efisien dan efektif.
  5. Kurikulum 1984 --- Kurikulum ini, mengusung Proccess Skill Approach (pendekatan proses, namun faktor tujuan tetap penting)
  6. Kurikulum 1994 dan Suplemen Kurikulum 1999 --- Kurikulum ini, bergulir lebih kepada upaya memadukan kurikulum-kurikulum sebelumnya.
  7. Kurikulum 2004 / KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) --- Pada kurikulum ini, setiap pelajaran diurai berdasar kompetensi yang mesti dicapai oleh para siswa.
  8. Kurikulum 2006 / KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) --- Pada kurikulum ini, lebih ditekankan kepada kebebasan yang diberikan kepada guru untuk merencanakan pembelajaran sesuai dengan lingkungan kondisi siswa serta kondisi dimana siswa berada.
  9. Kurikulum 2013 (K13) / Kurtilas --- Kurikulum ini merupakan kurikulum terbaru yang di terapkan di dunia pendidikan kita, yang mengedepakan kepada siswa agar lebih, aktif, kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran.
Baiklah, di bawah ini anda bisa mengunduh silabus kurikulum 2013 untuk membantu memudahkan proses pembuatan perangkat pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.