Kumpulan Soal Soal

Berbagi soal-soal pelajaran, seputar dunia pendidikan

Sabtu, 15 September 2018

Download RPP IPA Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013

Bismillah

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Bila Anda adalah seorang guru yang mengajar matapelajaran IPA SMP Kelas 9 dan sedang dalam proses pencarian RPP sebagai sebuah pedoman dalam proses pelaksanaan pembelajaran di kelas, maka proses pencarian anda bisa diakhiri di blog ini. Karena, kali ini saya akan berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA SMP Kelas 9 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013.
Berikut ini adalah contoh RPP IPA SMP Kelas 9 Semester 1, sebagai gambaran dari isi RPP yang akan anda download.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah  : SMP  ..............
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IX /  1
Materi Pokok : Sistem Reproduksi Pada Manusia
Alokasi Waktu : 3 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

A. Kompetensi Inti

  • KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
  • KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
  • Menjelaskan proses pembelahan sel
  • Menjelaskan sistem reproduksi manusia
  • Menjelaskan berbagai kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
  • Menjelakan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
  • Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
  • Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
  • Menjelaskan proses pembelahan sel
  • Menjelaskan sistem reproduksi manusia
  • Menjelaskan berbagai kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi
  • Menjelakan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
  • Membuat laporan tertulis tentang kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
  • Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi
D. Materi Pembelajaran
  1. Pembelahan sel sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup. Ada 3 alasan mengapa sel mengalami pembelahan, yaitu untuk pertumbuhan, perbaikan, dan reproduksi.
  2. Menurut teori sel, semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada omnis cellula e cellula Virchow pada tahun 1855. Pembentukan sel-sel baru atau anakan dari sel yang sudah ada sebelumnya dapat terjadi melalui proses pembelahan sel. Pembelahan sel dibedakan menjadi pembelahan mitosis dan meiosis.
  3. Pembelahan mitosis merupakan tipe pembelahan sel yang menghasilkan kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan makhluk hidup.
  4. Pembelahan meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan 4 sel II yaitu, profase II, metafase II, anafase II, dan telofase II. Pembelahan ini hanya terjadi pada organ kelamin.
  5. Struktur organ reproduksi manusia terdiri atas organ reproduksi atau alat kelamin luar dan dalam. Alat kelamin luar merupakan alat kelamin yang terletak pada bagian luar tubuh atau dapat diamati secara langsung. Alat kelamin dalam merupakan alat kelamin yang terletak pada bagian dalam tubuh dan tidak dapat diamati secara langsung.
  6. Alat kelamin antara laki-laki dan perempuan berbeda. Pada laki-laki, alat kelamin luar adalah penis dan skrotum, dan alat kelamin dalam meliputi testis, saluran sperma, uretra, dan kelenjar reproduksi.
  7. Pada anak laki- laki yang berusia 13 atau 14 tahun, testis memproduksi sel kelamin laki-laki yang disebut sperma dan hormon testosteron. Proses pembentukan sperma ini disebut spermatogenesis. Proses pembentukan Selanjutnya, sel spermatogonium membelah secara mitosis membentuk spermatosit sekunder melanjutkan pembelahan meiosis membentuk dua sel spermatid. Selanjutnya, spermatid mengalami diferensiasi atau perkembangan menjadi spermatozoa.
  8. Hormon testosteron memiliki banyak fungsi, antara lain: mengatur perkembangan dan fungsi alat kelamin laki-laki, mengatur perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder. Pada masa ini anak laki- laki sedang mengalami masa pubertas.
  9. Oosit primer akan membelah secara meiosis I dan menghasilkan dua sel melanjutkan pembelahan yaitu meiosis II sehingga terbentuk ootid dan badan polar sekunder. Begitu pula badan polar primer, akan membelah menghasilkan dua badan polar sekunder.
  10. progesteron. Hormon ini mengatur siklus menstruasi dan juga mengatur perkembangan ciri-ciri kelamin sekunder pada perempuan.
  11. Menstruasi merupakan suatu keadaan dimana keluarnya darah, cairanjaringan, lendir, dan sel-sel epitel yang menyusun dinding rahim Menstruasi terjadi apabila sel telur tidak dibuahi oleh sel sperma
  12. Fertilisasi merupakan proses peleburan inti sel sperma dengan inti sel telur sehingga membentuk zigot. Proses fertilisiasi ini terjadi di dalam tuba fallopi. Setelah terjadi fertilisasi, zigot yang terbentuk akan melakukan pembelahan dan berkembang menjadi embrio yang pada kondisi ini seseorang mengalami kehamilan.
  13. Perkembangan embrio dalam kandungan dapat dibagi menjadi beberapa periode, yaitu trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga.
  14. Penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi manusia antara lain epididimitis.
Untuk mengunduh RPP IPA SMP Kelas 9 kurikulum 2013 Semester 1 dan 2 secara lebih lengkapnya, silahkan bisa di klik link download yang sudah saya siapkan di bawah ini:
Semester 1
Semester 2
________________
Baca juga :
Demikianlah ulasan tentang RPP IPA SMP Kelas 9 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013, semoga bisa membantu memudahkan anda dalam proses pembelajaran di kelas. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.