Kumpulan Soal Soal

Berbagi soal-soal pelajaran, seputar dunia pendidikan

Selasa, 09 Oktober 2018

Download Soal PAS/UAS B. Indonesia SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013

Bismillah...

Salah satu indikator keberhasilan dari proses belajara adalah adanya peningkatan pengetahuan siswa yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan di kelas. Dan untuk mengukur keberhasilan proses belajar mengajar di kelas, maka harus ada evaluasi mengenai materi yang telah di ajarkan tersebut. Misalkan dengan cara memberikan tugas, ulangan harian, penilaian tengah semester (PAT), penilaian akhir semester (PAS) dan lain-lain. Dengan beberapa cara evaluasi tersebut, biasanya guru memberikan soal-soal yang berhubungan dengan materi yang telah diajarkan oleh guru di kelas, untuk melihat pemahaman dan kemampuan siswa sekaitan dengan materi tersebut. 
Berikut ini saya akan berbagi soal PAS/UAS Bahasa Indonesia SMP/MTs untuk  Kelas 8 tahun 2017  semester 1 Kurikulum 2013. Semoga postingan kali ini, bisa menjadi salah satu alternatif dan referensi belajar digital, agar nilai-nilai dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) terutama dapat meningkat, sehingga dikelas bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Pilihlah jawaban A, B, C, atau D yang paling benar!

Wacana
______________________
     Pohon leci (Litchi Chinensis Sonny) berusia 192 tahun tumbang di Kebun Raya Bogor saat hujan deras, Rabu (4/10) dini hari tadi. Pohon itu tumbang ke Kolam Gunting yang ada di tengah halaman belakang Istana Bogor. 
    Kepala Subbagian kerjasama dan Informasi LIPI Bogor, Rosniati Apriani Risma mengatakan penyebab tumbangnya pohon yang berasal dari Cina bagian selatan itu masih dalam penyelidikan. "Baru diketahui tadi jam lima subuh. Dan kami sedang teliti penyelidikannya," kata Rosniati saat dkonfirmasi pada Rabu (4/10).
     Rosniati menyebut, pojon leci tersebut tumbang hingga akarnya. Namun dia mengau sejauh ini pihaknya selalu rutin melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi pohon yang ada di sekitar Kebun Raya Bogor.
_______________________
(Sumber Republika.co.id)

1. Pokok-pokok berita yang terdapat dalam paragraf pertama kutipan berita tersebut adalah....
  • A. apa, dimaana, bagaimana
  • B. apa, kapan, siapa
  • C. apa, dimana, kapan
  • D. apa, kapan, dimana
2. Salah satu unsur berita yang termasuk kapan pada teks tersebut adalah.....
  • A. tanggal 4 Oktober
  • B. hari Rabu
  • C. hari Rabu, tanggal 4
  • D. hari Rabu, tanggal 4 Oktober
3. Paragraf di bawah ini yang mengandung unsur berita apa terdapat pada.....
  • A. Pada tahun 2017 Kemendikbud menargetkan jumlah peserat Magang Literasi sebanyak 120 orang dengan memprioritaskan pegiat literasi berusia 20-35 tahun, serta sehat jasmani dan rohani. 
  • B. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan menyelenggarakan sosialisasi Kampung LIterasi kepada pemerintah kabupaten/kota, lembaa dan organisasi masyarakat penyelenggara program pendidikan nonformal
  • C. Program Gerakan Indonesia Membaca (GIM) kembali diselenggarakan pada tahun 2017 setelah pada tahun 2015 untuk pertama kalinya dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada peringatan Hari Aksara Inernasional (HAI) ke-51
  • D. Komunitas baca dan atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang dipandang unggul dan berkinerja. melalui pemagangan tersebut diharapkan para peserta dapat terlibat secara langsung dalam dinamika pengelolaan gerakan literasi, meraskan suasana psikologis dan sosiokultural, berlatih suatu keterampilan, serta berbagi pengalaman dengan sesama pegiat literasi dan/atau narasumber/pendamping.
Untuk mendapatkan soal selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan download melalui tampilan preview berikut ini:


___________________
[Baca juga] :
Demikian ulasan tentang soal PAS/UAS B. Indonesia SMP/MTs Kelas 8 semester 1 Kurikulum 2013. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.